Berdoalah secara utuh dan lengkap

Berdoa adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Era komunikasi massa dan berkembangnya teknologi seringkali membuat manusia berpikir bahwa Tuhan bisa membaca status Facebook, postingan Twitter, atau menelusuri Path. Sebagian orang berdoa untuk memohon, meminta sesuatu entah logis atau tidak, yang jelas meminta agar Tuhan memberikan keinginan yang terukir dalam doa tersebut. Sebagian besar yang lain berdoa untuk mensyukuri hidup dan memohon pengampunan dosa.
Saya terinspirasi cerita dari seorang teman tentang pengalaman doanya yang sudah beberapa kali dikabulkan oleh Tuhan (Tuhannya teman saya, menurut beliau). Sebut saja Tante Lies, seorang ibu dengan dua orang puteri dan seorang putera berusia 27tahunan ketika tulisan ini dibuat. Tante Lies adalah sosok ibu pada umumnya yang menikmati masa pensiun dengan berkecimpung di dunia budaya dan banyak menghabiskan waktu untuk berbagi dengan kerabat termasuk saya.
Suatu siang dalam sebuah obrolan di tengah late-hour saya, tante Lies bercerita tentang betapa besar kuasa Tuhan untuk mengabulkan permohonan umatNya yang tekun dan bersungguh-sungguh dalam berdoa. Beberapa dari doa tante Lies yang telah dikabulkan adalah tante Lies bisa menjalankan ibadah Haji dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun beberapa waktu lalu, tante Lies berhasil menghadapi permasalahan keluarga yang rumit dalam budaya Jawa dengan bijaksana, dan yang paling baru adalah tante Lies akhirnya mendapati puteranya mendapatkan calon pasangan yang sesuai dengan impian serta doa tante Lies selama ini. Sosok gadis yang memiliki visi ke depan, mampu hidup mandiri, dan berpendidikan tinggi. Inti dari curhatan tante Lies siang itu adalah, “Pray with your heart, do your life as God ordered”. Setelah satu jam berlalu tante Lies tiba-tiba menambahkan “kalau berdoa harus detail tentang apa yang diminta” Kebingungan dan penasaran dengan maksudnya saya pun bertanya, “Napa bisa begitu tante?” tante Lies pun menjelaskan “Untuk doa tante yang terakhir, Tuhan benar-benar memberikan gadis yang sesuai dengan deskripsi Tante yang senantiasa tante bawa dalam doa, tapi tante lupa untuk minta calon pasangan hidup yang seiman dengan kita sekeluarga. Jadilah Tuhan memberikan apa yang tante minta, hanya sesuai dengan yang tante sebut dalam doa”. 

Masuk akal, sesuai dengan teori The Law of Attraction, alam semesta pun hanya menarik dan akhirnya mengembalikan segala sesuatu terjadi sesuai dengan apa yang kita pikirkan secara kontinyu. Hanya saja, saya ingin menambahkan apa yang selalu diajarkan orangtua dalam hal berdoa. Ada tiga komponen yang harus ada dalam doa : 

1. Bersyukur

2. Minta maaf atas segala khilaf

3.Permohonan atas keinginan dan kebutuhan duniawi, sekaligus berserah diri. Bagaimanpun juga, Tuhan tahu yang terbaik untukkita umatnya.

Satu tambahan yang tampaknya tidak boleh dilupakan adalah berdoalah secara lengkap dan detail karena Tuhan hanya mendengar dan mengabulkan semua doa kita tanpa bertanya lebih lanjut. :p

Tentang Elizabeth Mery Christian

follow me @gorgeousmery/ @eLsboutique www.facebook.com/ElsBoutique ig : gorgeousmery Line id : amazingmery
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Berdoalah secara utuh dan lengkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s