bertahan dalam Long distance Relationship yang sehat

Menjaga agar Long Distance Relationship bisa berjalan. Trust me it’s gonna work…
  • Hargai pasanganmu
Mulailah menghargai mereka, jangan memprioritaskan diri kalian terus. pernah berfikir atau malah memiliki prinsip ‘aku-butuh-kamu-dan-aku-mau-kamu-sekarang-juga’ ?
Sekarang, kita tidak mencoba untuk mengerti bagaimana perasaan mereka dan hanya berfikir tentang diri kalian sendiri. Kalian mengharapkan pasangan kalian untuk mengisi hari-hari kalian dan merasa itu adalah hak kalian. Now Listen, pasanganmu hanyalah manusia biasa dan mereka dapat mengerjakan sesuatu yang banyak/sibuk pada harinya. jadi, bukankah nggak mungkin bagi mereka untuk selalu ada dalam tiap harapanmu? Jangan salahkan dia hanya karena lama membalas sms, mengangkat telepon, dan sebagainya.
Mereka hidup diluar sana, jauh darimu, apabila kalian sudah merasa bahwa ia salah, cobalah berfikir terbuka dan mengertilah.. cobalah berfikir dari sudut pandang/point of view mereka. Jadi jangan langsung menyerang pasanganmu dengan kata-kata ‘kamu udah nggak peduli aku lagi’
Really, itu bakal nyakitin perasaan mereka banget. pikirkan tentang mereka dan hormati perasaan mereka.
Mengertilah…
  • Buatlah pasanganmu merasa spesial
Lakukan sesuatu yang bisa kalian lakukan tiap hari atau setidaknya, text mereka cuma buat bilang ‘i love you’ ‘aku seneng ngobrol sama kamu’ atau ‘you make me happy’.
Kirimi mereka surat! Well, sounds jadul gitu ya.. tapi romantis.
Efeknya amazing, kita bisa senyum bahkan sebelum kita membuka suratnya. hehehe
Karena kita bisa melihat kesungguhan kita melalui surat tersebut.
Mungkin terasa aneh kalau kalian pergi ke stationery buat nyari kertas + amplop lucu.
  • Terus belajar tentang satu sama lain
Dalam LDR, sering banget pasangan yang mengeluh tentang masalah yang satu ini ‘nggak tau apa lagi hal yang mau diomongin’.
Kalian nggak sadar kalau banyaak banget hal yang bisa diomongin secara bersama-sama. Mulai dari hobi, makanan, agama, binatang kesukaan, film seru, artis, keluarga, teman-teman, bahkan berkhayal bersama-sama.

Mungkin terdengar simple namun bisa mengabiskan waktu berjam-jam untuk membahas itu semua,

Terus belajar tentang diri mereka dan hal-hal apa yang mereka sukai. Dari sini juga kita bisa tahu bagaimana pendapat dia, sudut pandang dia, dan… yahh, sekali-kali melatih dan mengetahui bagaimana sih cara dia berfikir. Oh.. dia gini toh, oh.. dia gitu toh..
  • Percayalah padanya
Beberapa isu mungkin dapat membuat hubungan kalian bermasalah.
Jangan percayai orang lain sekalipun mereka memberikanmu banyak alasan tentang hal tersebut.
Pertanyaannya adalah ‘apakah mungkin mereka melakukan hal tersebut?’
Sangatlah menyakitkan ketika kalian mulai menuduh bahwa ia berselingkuh. Hal itu akan benar-benar mengganggu hubungan kalian dan berakhir pada sebuah pertengkaran yang membahayakan bagi hubungan kalian.
Oke, jika kalian masih penasaran bahwa ia selingkuh atau tidak. Sekarang bagaimana caranya untuk mengetahui dengan cara yang benar?
Cara pertama, jangan menjadi penguntit atau malah menghack emailnya atau akun jejaring sosial lain miliknya hanya untuk melihat pesan-pesannya. terlalu mengintai dia sungguh tak menyenangkan baginya. Apalagi terhadap pesan-pesan yang terdengar mencurigakan.
Menghargai privasi mereka benar-benar membuktikan bahwa kalian respect padanya :]
Selanjutnya, mari pikirkan.. kalian sudah memutuskan untuk menjalin hubungan dengannya sejak pertama.
Kalian seharusnya bisa membicarakan apapun dan segalanya secara bersama.
Bagaimana berbicara tanpa adanya kesan penuduhan?
Jangan pernah takut untuk bertanya, sebagai contoh “kalau kamu pernah selingkuh, akankah kamu memberitahuku/kamu mau kasih tahu aku kan?” terus, dengarkan saja bagaimana respon mereka.
kalau mereka bilang “ya”, bisa berarti bahwa memang tidak ada apa-apa. tapi kalau jawabannya “kenapa kamu nanya kaya gitu?” itu tandanya mereka menunjukkan sedikit pembelaan. Namun, jangan salahkan dulu, katakan saja kalau kalian curiga dan lanjutkan pertanyaannya, kalau mereka malah menghindar, mungkin kalian bisa tanya sekali lagi apa mereka pernah selingkuh atau nggak.
  • Merencanakan masa depan
Jangan pernah berada dalam status hubungan LDR kalau kalian nggak punya keinginan untuk dramatisnya perubahan hidup kalian pada masa seterusnya. Kalian lagi LDR nih, dan nggak akan selamanya berada dalam LDR ini. Suatu hari kalian akan bersama. Entah dia yang bakal pindah bareng kalian atau kalian yang akan pindah buat bareng sama dia.
Kalian nggak bakal LDR kalau kalian nggak bener-bener sayang sama dia. LDR bukanlah hubungan berpacaran yang biasa dan jangan disamakan dengan pacaran di kota yang sama, di jenis pacaran yang seperti ini, hubungan akan berjalan seperti biasa. tidak dengan LDR, pasangan yang memutuskan untuk ber-LDR harus setuju dan berkomitmen bahwa mereka benar-benar berada dalam satu relationship
  • Kunjungi dia sebisa mungkin
Atur waktu, persiapkan dana, simpan uang dan berhematlah!😀
Buat suatu plan untuk mengunjungi mereka. Whatever it takes, ketahuilah bahwa itu selalu berharga dengan membuat suatu trip untuk seseorang yang kita cintai :]
  • Komunikasi seperti biasa, tapi dengan frekuensi yang layak
Setiap pasangan memiliki frekuensi yang berbeda-beda, berbicara beberapa jam per-hari mungkin terdengar ekstrim dan tidak selalu bisa dilakukan. Buatlah rencana bersama, berapa jam-kah menghabiskan waktu dalam satu hari.. contoh dari jam berapa sampai jam berapa. Buat kesepakatan yang memungkinkan kedua belah pihak untuk saling berkomunikasi secara free.
Jika satu hari dihabiskan selama berjam-jam, mungkin tak terlalu mungkin selalu terjadi, terkadang, malah hanya beberapa menit perhari karena kesibukan :[
Tentunya jangan pernah lupakan untuk mengucapkan sekedar good night, good morning atau have a nice day untuknya :]
Jangan marah hanya karena kalian punya waktu yang amat luang dan mereka malah sibuk.
Jangan pernah berprasangka yang tidak-tidak.
untuk yang satu ini, yah.. memang amat dibutuhkan sebuah pengertian :]
  • Terbukalah, Jangan takut
Jika ada hal-hal yang ingin kalian ketahui dari pasangan kalian. Jangan pernah takut untuk bertanya.
Daripada bingung dan penasaran, tanyakanlah hal yang mengganggu kalian itu.
Mendapatkan jawaban langsung darinya adalah hal yang benar-benar tepat :]
Apabila kalian merasa tidak suka pada sikapnya atau mungkin kalian adalah tipe orang yang gampang cemburu, ya bilang saja padanya. Kuncinya, bicara baik-baik saja, dia bakal mengerti. tenang saja :] kalian saling cinta, jadi pasti bisa.
  • Jangan lupakan kalau kalian juga punya kehidupan
Menghabiskan waktu bareng sama dia membuat kita lupa waktu. bahkan bersama teman dan keluarga.
Jangan lupakan hal-hal itu karena hal tersebut adalah penting.
Nggak apa-apa sih sewaktu-waktu menolak ajakan teman untuk cabut bareng, tapi jangan selalu menolak.
Intinya, bilang saja dengan cara yang benar.
Tapi, jangan jadikan dia sebagai prioritas yang lebih rendah dibanding mereka ya.
  • Buat rencana nge-Date malam hari
Hehe, LDR bukan berarti nggak bisa ngedate!
Kalian bisa ngelakuin hal itu kayak nonton film yang sama dan di waktu yang sama pula, makan-makanan yang sama, dan melakukan berbagai interaksi via online😀
belilah webcam, mungkin sedikit mahal namun benar-benar berguna dan kalian nggak bakal menyesal pada akhirnya. Dan pilih internet service yang bagus. Mungkin bagi kalian yang sudah memilikinya, kalian bisa bersyukur. Jika belum, bukanlah tidak mungkin untuk berkomunikasi via handphone dan melakukan hal-hal yang menarik.. sms pun nggak masalah!😀


Cara menangani argumen dalam LDR

  1. Jangan diamkan telepon masuk darinya, terkesan tidak hormat dan siapapun tak layak untuk diperlakukan seperti itu.
  2. Jangan menyela, jangan menyela pembicaraannya.. dengarkan dahulu dan tunggu giliran kalian ;]
  3. Dengarkanlah apa yang mereka katakan, Jangan berfikir ia salah atau menyiapkan argumen bantahan untuk menunjukkan kalau kalian nggak setuju. just listen, jangan menolak poin mereka meskipun kalian berfikir kalau dia tuh bener-bener salah. tunjukkanlah respect jika kalian ingin di-respect balik sama dia di kemudian hari :]
  4. Beritahu mereka apa yang kamu rasakan pada hal yang ia lakukan, katakan apa yang kalian rasakan terhadap apa yang telah ia perbuat. contohnya, gunakanlah kalimat ini : “aku ngerasa aku diprioritaskan rendah sama kamu dalam kesibukan kamu :[” daripada kalian pakai kalimat yang ini “kamu lebih sering jalan bareng temen-temen kamu dibanding sama aku..” Perbedaannya? kalimat yang kedua akan membuat sebuah perdebatan yang berujung dengan berantem kecil, mungkin dia bakal jawab “nggak! siapa bilang. lagipula kan mereka bla bla bla”. well, gue yakin kalian ngerti :]
  5. Kompromi, apa yang nyaman di mata kalian dan di mata dia memang terkadang berbeda. Namun itu berarti bahwa satu pihak harus mengalah. percayalah bahwa segala sesuatu pasti bernilai positive dan memiliki keuntungan. Jadi itu lebih baik daripada keduanya tak mendapat apa-apa/titik temu.
  6. Jangan bersikap dingin, teknik ini memang sering dilakukan.. ketika mereka salah, kita cenderung diam kepadanya. jangan lakukan itu, karena kalian nggak akan bisa lebih senang, apalagi dia. Dan itu nggak selalu bakal berakhir bahwa mereka akan mendatangi kalian untuk permintamaafan dan memberikan apa yang kalian inginkan. just don’t do it. jelaskan saja apa yang kalian rasakan.
  7. Jangan menunda konflik, tangani itu secepatnya dan selesaikanlah! :]
  8. Jangan membuat perdebatan, terkadang sebagian orang merasa frustasi dengan LDR dan membuat kesepakatan besar dengan sesuatu yang sepele, yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu dan itu akan menyelamatkan kalian dari banyak masalah. Bicarakan pada pasangan, mencurahkan apa yang membuat kalian kesal kepadanya lebih baik daripada membuat argumen yang nggak sesuai/nggak nyambung :S dan tidak disalahartikan
  9. Jangan mengharapkan mereka selalu mengangkat telepon, ini adalah problem yang sering terjadi. hanya karena dia tidak mengangkat, bukan berarti ia selingkuh atau mengabaikanmu.jangan membuat diri kalian gusar sendiri. Mereka mungkin sibuk atau teleponnya berada di ruangan lain, jadi dia nggak mendengar.jangan memiliki pengharapan terlalu tinggi, titik.
  10. Jangan memposisikan kalian di situasi tertentu, maksudnya adalah.. kalian sedang menjalani LDR, hindarilah berada bersama lawan jenis dalam situasi tertentu, jangan terlalu sering menghabiskan waktu bersama lawan jenis. Seperti, jangan berikan harapan kepada mereka. Situasi seperti itu biasanya akan berujung dengan perselingkuhan. Jangan memposisikan diri kalian terhadap situasi yang mencurigakan bagi pasangan kalian dan kalian akan selamat dari berbagai masalah tentang hal ini :]
  11. Jangan berbohong! jangan berbohong pada mereka. contohnya kalian bosan ditelepon terus-terusan. jangan bilang kalau kalian lagi menulis cerita contohnya, atau mengerjakan PR, dsb. bilang secara terus terang. Dalam LDR, sah-sah saja meminta sedikit ruang untuk hal itu, selama tidak berlebihan.
  12. Jangan putuskan untuk break, break menurut saya sama sekali nggak menyelesaikan masalah. tidak ada satupun yang terselesaikan,dan melanjutkan hubungan dengan masalah yang masih menggantung, yang kalian lakukan malah menghindar dari mereka. Problem diselesaikan bersama, jangan sendirian. Bisa sukses menyelesaikan masalah dengan pasangan adalah sebuah ujian dari setiap hubungan dan yang kalian butuhkan adalah bertindak sebagai pasangan.
Yang Terakhir…


Ingatlah bahwa kalian berada dalam suatu hubungan dan kalian saling mencintai satu sama lain.
Jika kalian saling mencintai, kalian tidak akan membiarkan jarak mengganggu cinta kalian.
Itu semua adalah rintangan, yang kebanyakan orang tidak dapat menanganinya.
Namun jika kalian bisa mengatasinya dan membuat poin yang pada akhirnya membuat kalian hidup bersama, then kalian pasti bisa untuk mengatasi tantangan lainnya di masa yang akan datang.
Jadi mulai sekarang, dalam chapter hubungan kalian yang sekarang ini, gunakanlah sebaik-baiknya!
*dari berbagai sumber*

Tentang Elizabeth Mery Christian

follow me @gorgeousmery/ @eLsboutique www.facebook.com/ElsBoutique ig : gorgeousmery Line id : amazingmery
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s