contoh EKSEPSI

KANTOR ADVOKAT dan KONSULTAN HUKUM

ELIZABETH MERY & ASSOCIATES

Jalan Pelangi Indah Nomor 123 Surakarta

 

 

 

NOTA KEBERATAN

ATAS SURAT DAKWAAN JAKSA PENUNTUT UMUM

N0. REG. PERKARA : PDM-01/SKA/Ft.1/IV/2009

TANGGAL 13 APRIL 2009

 

ATAS NAMA TERDAKWA

JENIFER LOPEZ

DI PENGADILAN NEGERI  SURAKARTA

 

 

Didakwa

Dakwaan Alternatif Kesatu sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dakwaan Alternatif Kedua sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUHP  jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dengan dakwaan tersebut diatas apabila terbukti dimungkinkan Majelis Hakim akan menjatuhkan pidana terhadap JENIFER LOPEZ dengan pidana penjara dengan disertai denda;

Ketua dan Anggota Majelis Hakim yang mulia,

Jaksa Penuntut Umum yang Kami hormati serta para hadirin yang kami Hormati pula,

Bahwa berdasarkan pengamatan Tim Penasehat hukum Terdakwa, dalam penyidangan perkara ini sangat tidak mengandung pertimbangan-pertimbangan yuridis, tetapi lain dari itu. Oleh karena itulah sejak dini maka kami hendak mengindikasikan juga pada persidangan ini utamanya kepada Majelis Hakim yang terhormat agar sungguh-sungguh. Sebab sidang ini diselenggarakan bukan untuk mengabdi kepada kepentingan seseorang atau sekelompok orang orang yang pandai, cerdik dan berkuasa dalam memanfaatkan aparat penegak hukum seolah-olah untuk kepentingan hukum dan keadilan sehingga yang terjadi justru bukan untuk kepentingan hukum (Pro Justitia) melainkan sebaliknya telah terjadi pembusukan Hukum.

Bahwa kami menyadari sebagai manusia biasa selalu memiliki keterbatasan dan kelemahan namun manakala sudah dihadapkan pada hal yang sangat hakiki dalam hidup dan kehidupan seseorang, hendaknya kita bisa lebih Berhati-hati, akurat, dan korektif.

Sebab hidup itu tidak tidak hanya untuk sepotong roti. Hidup kiranya jauh lebih berharga dari itu, oleh karena itu kami percaya keberanian akan senantiasa menyertai Majelis Hakim dalam menghadapi kasus yang diajukan ini;

Majelis Hakim dan Jaksa Penuntut Umum yang Terhormat

Sebelum membacakan Eksepsi, kami selaku tim Penasehat Hukum ingin menyampaikan sebuah catatan atau pendapat yang penting terhadap Klien kami, Jenifer Lopez  yaitu bahwa Klien kami selaku Direktur LOPEZ PROPERTY AND CO sudah melaksanakan tugasnya dengan benar dan bertanggungjawab sesuai dengan prosedur yang berlaku,

Kami selaku Penasehat Hukum dari Jenifer Lopez mengucapkan terimakasih kepada Majelis Hakim yang telah memberi kesempatan kepada kami selaku Penasehat Hukum dari Jenifer Lopez untuk mengajukan eksepsi terhadap surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

Setelah kami tim Penasehat Hukum mempelajari  Surat Dakwaan Jaksa Penuntut Umum Nomor. Reg. Perkara : PDM-01/SKA/Ft.1/IV/2009 tertanggal 11 April 2009  yang dibacakan pada hari Rabu 15 April 2009, maka pada sidang hari ini perkenankanlah kami Tim Penasihat Hukum Jenifer Lopez untuk mengajukan dan membacakan eksepsi yang selengkapnya adalah sebagai berikut:

 

  1. KEBERATAN (EKSEPSI) SURAT DAKWAAN ADALAH SALAH KOMPETENSI ABSOLUT PENGADILAN

Bahwa Jaksa Penuntut Umum telah salah dalam mengajukan tuntutan ke pengadilan. Karena klien kami melakukan suatu perbuatan hukum yang tidak termasuk ke dalam rumusan tindak pidana. Perkara yang didakwakan termasuk ke dalam ranah hukum perdata. Dimana klien kami tidak melakukan suatu unsur penipuan namun hanya melakukan perbuatan wan prestasi.

  1. KEBERATAN (EKSEPSI) SURAT DAKWAAN ADALAH TIDAK JELAS (OBSCUUR LIBEL)

Bahwa dalam surat dakwaan yang dibuat oleh Jaksa Penuntut Umum adalah tidak jelas dan kabur. Terlihat dengan dipergunakan kata Kira-kira dan Atau setidak-tidaknya dalam menentukan Locus dan tempos delicti hal ini menunjukan bahwa Jaksa Penuntut Umum ragu-ragu dalam menetapkan Locus dan Tempus Delicti padahal Locus dan tempus delicti adalah syarat materiil dakwaan yang apabila tidak disusun dengan cermat dan jelas akan membuat batal Surat Dakwaan demi Hukum dan dalam Surat dakwaan disusun dengan tidak jelas dan tidak menguraikan secara keseluruhan tentang konstruksi kejadian/ peristiwa tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa. Hal tersebut menjadikan surat dakwaan menjadi tidak jelas (obscuur libel). Bahwa surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum Nomor. Reg. Perkara : PDM-01/SKA/Ft.1/IV/2009 tertanggal 11 April 2009 yang dibacakan pada hari Rabu 15 April 2009 tidak sesuai dengan ketentuan pasal 143 ayat (2)  sub b KUHAP dan sekaligus menetapkan bahwa surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum adalah batal demi hukum.

  1. KEBERATAN (EKSEPSI) SALAH DALAM  MENGAJUKAN TERDAKWA (ERROR IN PERSONA)

Bahwa Jaksa Penuntut Umum telah salah dalam mengajukan Terdakwa. Karena pihak yang bersalah  dalam perkara ini adalah bukan Jenifer Lopez selaku Direktur LOPEZ PROPERTY AND CO dikarenakan pihak yang menangani secara langsung  segala urusan pelaksanaan proyek dan pengelolaan keuangan LOPEZ PROPERTY AND CO  dilaksanakan oleh Paris Hilton selaku rekan kerja sekaligus bendahara dan pengawas tata kelola keuangan LOPEZ PROPERTY AND CO.

 

Bahwa berdasarkan hal-hal yang kami uraikan tersebut di atas, maka dengan segala kerendahan hati kami mohon kepada Majelis Hakim yang Mulia kiranya berkenan untuk mempertimbangkan dan selanjutnya memutus keberatan-keberatan kami tersebut, sebelum pemeriksaan pokok perkara ini,  dengan menjatuhkan putusan sela  sebagai berikut :

 

 

———————————–M E N G A D I L I—————————————

 

1)      Menyatakan bahwa surat dakwaan Jaksa penuntut umum No. Reg. Perkara : PDM-01/SKA/Ft.1/IV/2009 tertanggal 11 April 2009 batal demi hukum.

 

2) Menyatakan bahwa terdakwa JENIFER LOPEZ tidak dapat diperiksa dan diadili berdasarkan Surat dakwaan Jaksa penuntut umum yang batal demi hukum tersebut.

 

3)  Membebankan biaya perkara dalam perkara ini kepada negara.

 

Demikian eksepsi/keberatan atas surat dakwaan Jaksa penuntut umum ini kami sampaikan, kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan kepada Majelis Hakim Yang Mulia agar dapat memberikan putusan yang seadil-adilnya.

 

Surakarta, 13 April 2009

Hormat kami ,

Tim Penasehat hukum terdakwa

 

 

 

 

 

ELIZABETH MERY,S.H., M.H.                         BANU SASANGKA., S.H, M.H

 

 

Tentang Elizabeth Mery Christian

follow me @gorgeousmery/ @eLsboutique www.facebook.com/ElsBoutique ig : gorgeousmery Line id : amazingmery
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s